Jam Piket Organ Tubuh Manusia

JAM PIKET ORGAN TUBUH MANUSIA

Andi Hasad
andihasad@yahoo.com
andihasad.wordpress.com

Tubuh manusia merupakan keseluruhan struktur fisik  organisme manusia yang teramat kompleks. Sampai saat ini dunia modern khususnya dunia kedokteran masih “sedikit” menguak rahasia tubuh kita, walaupun dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang berarti. Pada dasarnya tubuh manusia (Gambar 1) terdiri atas kepala, leher, batang badan, 2 lengan dan 2 kaki. Ketinggian rata-rata tubuh manusia dewasa sekitar 1,6 m (5-6 kaki). Ukuran tubuh manusia biasanya ditentukan oleh gen.  Jenis dan komposisi tubuh juga dipengaruhi oleh faktor pascakelahiran seperti diet dan olahraga.

Gambar 1 Anatomi tubuh manusia

Pada saat manusia mencapai kedewasaan, tubuh terdiri dari hampir 100.000.000.000 sel. Masing-masing merupakan bagian sistem organ yang dirancang untuk melakukan fungsi kehidupan yang esensial. Sistem organ tubuh diantaranya : kardiovaskular, kekebalan tubuh, pencernaan, pernapasan, ekskresi, perkemihan, muskuloskeletal, saraf, endokrin, dan reproduksi.

Gambar 2 Organ dalam tubuh manusia

Dalam aktivitas keseharian, organ tubuh kita (Gambar 1 dan Gambar 2) memiliki jam-jam tertentu untuk bekerja secara maksimal ataupun mengalami kondisi lemah. Memiliki pengetahuan akan hal ini tentunya akan membantu merencanakan hidup lebih baik. Berikut ini  jam piket berbagai organ tubuh manusia :

LAMBUNG
Jam 07.00 – 09.00
Jam piket organ lambung sedang kuat, sebaiknya makan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Minum air putih,  jus atau ramuan sebaiknya sebelum sarapan pagi, pada saat perut masih kosong memudahkan  zat yang berguna segera terserap tubuh.

LIMPA
Jam 09.00 – 11.00
Jam piket organ limpa kuat, dalam mentransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini mengantuk, berarti fungsi limpa lemah. Solusinya adalah mengurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

JANTUNG
Jam 11.00 – 13.00
Jam piket organ jantung kuat, sebaiknya istirahat, hindari panas dan olah fisik, serta emosi berlebihan terutama pada penderita gangguan pembuluh darah.

HATI
Jam 13.00 – 15.00
Jam piket organ hati lemah, bila orang istirahat atau tidur sejenak ( 5 – 20 menit), darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati kuat maka pertahanan tubuh kuat dalam  menangkal segala penyakit.

PARU-PARU
Jam 15.00 – 17.00
Jam piket organ paru-paru lemah, diperlukan istirahat,  untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru.

GINJAL
Jam 17.00 – 19.00
Jam piket organ ginjal kuat, sebaiknya digunakan untuk belajar karena terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

LAMBUNG
Jam 19.00 – 21.00
Jam piket organ lambung lemah sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna atau lama dicerna atau lebih baik sudah berhenti makan.

LIMPA
Jam 21.00 – 23.00
Jam piket organ limpa lemah, terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaiknya tidur atau jika belum bisa,    melakukan aktivitas yang menyenangkan misalnya  mendengarkan musik yang menenangkan jiwa, untuk meningkatkan imunitas.

JANTUNG
Jam 23.00 – 01.00
Jam piket organ jantung lemah. Sebaiknya sudah beristirahat (tidur), apabila masih terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung. Keseringan begadang dengan atau tanpa tujuan yang jelas meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

HATI
Jam 01.00 – 03.00
Jam piket organ hati kuat. Terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati tercermin pada kotoran dan gangguan mata. Apabila ada luka dalam akan terasa nyeri.

PARU-PARU
Jam 03.00 – 05.00
Jam piket organ paru-paru kuat, terjadi proses pembuangan limbah/racun pada organ paru-paru, apabila terjadi batuk, bersin- bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru. Sebaiknya digunakan untuk olah nafas untuk mendapatkan energi paru yang sehat dan kuat.

USUS BESAR
Jam 05.00 – 07.00
Jam piket organ usus besar kuat, sebaiknya biasakan Buang Air Besar  (BAB) secara teratur.

Referensi :

http://3Dscience.com, diakses tanggal 15 Desember 2011
http://fortuneclub.co.cc,  diakses tanggal 15 Desember 2011
http://healthline.com,  diakses tanggal 15 Desember 2011
http://infogue.com, diakses tanggal 15 Desember 2011
About these ads

5 Responses

  1. makasih banyak infonya…….
    insyaallah bermanfaat…….amin…..

    • Amiin ya Allah. Terima kasih ya sudah berkunjung

  2. sangat bagus infonya…ijin copas ya bos…

    • Silahkan

    • ok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: